iklan

Begini Kondisi Ketersediaan Air Bersih di Mamuju


Rapat koordinasi membahas pelayanan air bersih yang dilaksanakan Ombudsman Sulbar beberapa waktu lalu

MAMUJU-Asisten Ombudsman Republik Indonesia Sulawesi Barat, Sukriadi Azis mengatakan, kondisi ketersediaan air baku dari air tanah, air sungai, maupun air hujan tidak  selalu tersedia dalam kondisi baik atau memenuhi syarat minimum air bersih.

Bahkan menurutnya, sumber pasokan air masih terbatas sehingga menyebabkan dalam kondisi tertentu, masih terjadi kekurangan pasokan air bersih khususnya di kota Mamuju. Karena itu kata dia, perlu sinergitas semua pihak untuk mendorong perbaikan sarana dan prasarana penyediaan air bersih.    

"Kami berharap dengan terbentuknya tim ini akan membawa perubahan yang lebih baik dalam pelayanan air minum di Kabupaten Mamuju. Dengan dukungan dan kerjasama semua pihak terkait sangat memungkinkan aspek-aspek pelayanan PDAM dapat ditingkatkan. Sebab ketersediaan air baku merupakan persoalan utama bagi PDAM di daerah ini seiring bertambahnya jumlah penduduk," jelas Sukriadi Azis.

Sebelumnya pada 24 November lalu, jajaran Ombudsman RI Sulawesi Barat menggelar rapat koordinasi bersama para pihak terkait dalam rangka membahas sejumlah persoalan pengelolaan air bersih di daerah ini.

Rakor tersebut melahirkan kesepakatan bersama pembentukan Forum Terpadu Penanganan Air Bersih yang terdiri dari Ombudsman RI Sulbar, Satker PSPAM (Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum) Satker PJPA (Satuan Kerja Pelaksanaan Jaringan Pemanfaatan Air Wilayah Sungai Kalukku, Karama Lariang Provinsi Sulbar) dan PDAM Tirta Manakarra.  

Forum ini diharapkan akan menjadi wadah komunikasi bagi semua pihak terkait, dalam rangka komunikasi tindaklanjut atas pengaduan masyarakat terkait masalah pelayanan air bersih. Rencananya forum ini akan melibatkan semua PDAM se-Sulbar, Mamuju, Majene dan Polewali Mandar.

Dalam Koordinasi ini sejumlah keluhan masyarakat terkait pelayanan PDAM menjadi salah satu topik pembahasan.

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sulbar Lukman Umar mengatakan, setelah koordinasi tersebut, pihaknya akan terus memantau realisasi dilapangan utamanya di sektor perbaikan pelayanan air bersih.

"Semoga pertemuan ini memberikan dampak signifikan dalam perbaikan pelayanan distribusi air bersih di daerah ini,” kata Lukman Umar.

(Humas Ombudsman) 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Begini Kondisi Ketersediaan Air Bersih di Mamuju"