iklan

3 Tahun Tertunda, Ijazah Alumni SLB Negeri Pembina Sulbar Akhirnya Terbit


MAMUJU|GEPEJISetelah melalui proses tindaklanjut oleh Ombudsman RI Sulawesi Barat, atas pengaduan penundaan penerbitan ijazah, hari ini jumat (15/12/17) sejumlah Alumni Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Pembina Provinsi Sulawesi Barat, yang tamat tahun 2015  akhirnya menerima ijazah.
Sebelumnya para korban mengaku bingung karena sejak tahun 2015, mereka dinyatakan lulus ujian namun tidak menerima ijazah. Siswa mencoba meminta kepada pihak sekolah namun pihak sekolah berkilah jika ijazah tersebut belum dicetak. Masalah ini akhirnya diadukan ke Ombudsman RI Sulbar pada tanggal 19 september 2017.

Salah seorang wali siswa Gusti Irham, mengatakan, mereka mengadu ke kantor Ombudsman RI Sulbar lantaran resah sebab sudah tiga tahun dinyatakan lulus ujian namun para alumni belum mendapatkan ijazah. Bahkan saat ini dia sudah duduk di kelas 3 SMP dan kerap kali ditagih di sekolahnya agar segera menyerahkan fotokopi ijazah.

Sementara kepala perwakilan Ombudsman RI Sulbar, Lukman Umar berharap kejadian ini selesai dan tidak terulang kembali. Sebab menurut Lukman, kejadian ini adalah yang ke tiga kalinya terjadi di Sulawesi Barat, dan semua terselesaikan melalui Ombudsman.

Oleh Karena itu, secara kelembagaan Lukman meminta masyarakat berani menyampaikan laporan perihal Maladministrasi pelayanan publik yang terjadi.

Muh. Asri Asisten Ombudsman RI Sulbar selaku penanggung jawaban laporan ini menjelaskan, laporan ini melalui proses yang sangat panjang dan rumit, sebab koordinasi yang dilakukan hingga ke pihak kementrian dan Dinas Pendidikan Kabupaten dan Provinsi.

"Ini adalah dampak ketika Maladministrasi itu dianggap sepele. Sekilas mungkin terlihat sepele tapi dampaknya sangat luar biasa. Kedepan kami berharap semua stakeholder pengelola layanan publik agar lebih sigap dan proaktif. Jika bisa selesai hari ini jangan tunda besok. Jika bisa dipermudah jangan dipersulit. Saya kira ini motto yang harus di junjung oleh para pelayanan publik," kata Asri.

(Humas Ombudsman Sulbar)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Tahun Tertunda, Ijazah Alumni SLB Negeri Pembina Sulbar Akhirnya Terbit"