iklan

Ada Lempengan Besi Nempel di Tabung Gas, Apa Maksudnya?

*Ada Dugaan Spekulasi, Polisi dan Pertamina Diminta Transparan



GOWA-Aparat Polres Gowa dan PT Pertamina diminta transparan dalam mengungkap dugaan spekulasi pemasangan lempengan besi pada bagian tabung gas yang disita saat melakukan operasi pasar kemarin (13/12).

Divisi Investigasi LSM JIMAT (Jaringan Informasi Masyarakat Transparansi) Abdullah Kamaruddin menjelaskan jika ada beberapa keganjilan dari alibi pengelola yang diutarakan saat dilakukan operasi pasar.

Menurut Doel, panggilan akrab pria ini, diakui bila tidak semua tabung gas yang ada di stasiun pengisian gas itu memiliki lempengan gas membuktikan bila ada upaya-upaya spekulan sebab tidak mungkin PT Pertamina menyalurkan bentuk yang tidak serupa.

Begitu pun, jika mesin filling tidak bisa berputar jika tidak memiliki berat sesuai tonase jika tak ditambah lempengan.

"Kalau demikian, mengapa tabung lain tak ditemukan lempengan besi bisa terisi dan menggerakkan mesin billing dengan indikator kekurangan tonase?” ujar Doel.

Pihak LSM JIMAT sementara melengkapi hasil investigasi dalam dua hari ini untuk selanjutnya melakukan aksi atas kasus penemuan lempengan besi di tabung gas dimaksud.

Informasi sebelumnya, pihak Polres Gowa bersama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Gowa menyita 4 unit tabung gas elpiji di PT Samaya Mandiri di Jalan Poros Malino Sungguminasa, Gowa, Rabu (13/13/2017) dalam operasi pasar yang digelar bersama.

Jelang Natal dan Tahun Baru, Polres Gowa menggelar Operasi Pasar guna menyelidiki adanya kecurangan pada Tabung gas Elpiji karena ditemukan Plat Besi yang tertempel, yang diduga menjadi tambahan berat dari tabung.

Keempat tabung gas ini diduga sengaja ditambal besi yang dianggap merugikan konsumen. Kasat Reskrim, Polres Gowa AKP Darwis Akib menjelaskan, keempat tabung gas yang disita merupakan tabung gas yang memiliki kelainan. Pasalnya, ada tabung Gas yang ditempeli Plat besi, ada juga yang tidak. sehingga disita untuk dijadikan pembanding.

“Masing-masing diambil yang punya besi plat dan yang tidak punya besi plat, nanti kami panggil pihak pertamina untuk menjelaskan maksud besi-besi yang ditempel itu,” katanya.

Berdasarkan keterangan Pemilik Agen, Rudi Sampara, besi plat yang ditempel pada bagian bawah maupun pada gagang Tabung ini untuk menambah beban berat jika tabung tersebut kosong.

“Dari tabung Gas ini tidak semua memiliki tempelan plat besi, ini kemungkinan hanya sebagai pemberat jika tabung kosong,” ujarnya.

Manager PT Mega Mitra Energi Sejahtera, Julianto saat ditemui di Kantornya jalan Boka, Kecamatan Bajeng, Gowa, mengatakan, tambahan plat besi pada tabung tersebut untuk menambah beban tabung yang tidak sampai 5Kg. Pasalnya, Mesin Filling tempat pengisian Gas tidak akan jalan jika Tabung Gas tersebut tidak mencukupi berat 5Kg.

“Mesin Filling itu tidak mau jalan kalau tabung tidak cukup beratnya 5 Kg, mungkin lebih jelasnya pihak Pertamina dapat menjelaskan secara detailnya,” jelasnya.

Sumber: http://matarakyatmu.com/2017/12/14/jimat-minta-polres-gowa-tuntaskan-penemuan-lempengan-besi-di-tabung-gas/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ada Lempengan Besi Nempel di Tabung Gas, Apa Maksudnya? "