Sejak 2013, Stikes BBM Jadi Pusat Ujian Kompetensi D3 Kesehatan Se-Sulbar

MAJENE|GEPEJI-Sejak tahun 2013, alumni program pendidikan Diploma 3 (D3) Kesehatan, diwajibkan untuk mengikuti Ujian Kompetensi (UK) sebagai syarat Bagi alumni D3 Kesehatan untuk mendapatkan Surat Tanda Registrasi (STR).
Suasana penyambutan peserta UK di Kampus Stikes BBM 
Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Bangsa Majene (Stikes BBM) Zulkifli Padjalai S.Kep, NS. M.Kep, mengatakan, alumni program D3 Kesehatan yang belum punya STR, belum bisa bekerja walaupun sudah punya ijazah.

"Dan untuk mendpatkan STR harus lulus uji kompetensi," kata Zulkifli kepada www.gepeji.com, Jumat (15/12/2017).

Sejak diwajibkannya UK tersebut, kata Zulkifli, yaitu sejak tahun 2013, sejak itu pula Stikes BBM selalu ditunjuk sebagai Tempat Ujian Kompetensi (TUK) untuk wilyah Sulawesi Barat. Kepercayaan ini diberikan menurutnya, karena Stikes BBM dipandang memenuhi semua pesyaratan sebagai Kampus TUK.

"Banyak syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi TUK. Salah satu yang paling mendasar adalah Kampus tersebut harus benar-benar terdaftar di Pangkalan Data Perguruan Tinggi Kemenristek Dikti," Zulkifli menjelaskan.
Briefing antara peserta dengan pengawas dari pusat
Syarat lain yang juga harus dipenuhi lanjutnya adalah, ruang kelas untuk tempat ujian harus nyaman, tidak panas dan jauh dari kebisingan.

Selain itu, ruang kelas juga harus bisa menampung peserta ujian maksimal 25 orang degan jarak kursi antar peserta minimal 1 meter ke depan, ke belakang, ke samping, kiri dan kanan.

"Ruangan ujian juga harus punya pendingin ruangan minimal kipas angin, dan mempunyai pentilasi yang cukup," katanya.

Persyaratan lainnya tambah Zulkifli adalah, Kampus harus punya aula yang bisa menampung semua peserta pada saat brifing degan pengawas dari pusat.

"Dan harus ada ruangan khusus untuk tempat penitipan barang milk peserta ujian, karena peserta sama sekali tidak boleh membawa barang-barang ke ruang ujian selain pensil 2B," kata Zulkifli. (gp).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejak 2013, Stikes BBM Jadi Pusat Ujian Kompetensi D3 Kesehatan Se-Sulbar"