Waah.. Ternyata Bersiul Masuk Kategori Pelecehan Seksual

ilustrasi (net)

DATA hasil survei Lentera Sintas Indonesia dan Magdalene.co, yang bekerja sama denan Change.org Indonesia, sebesar 46, 7 persen dari 12.812 responden wanita mengatakan pernah mengalami kekerasan seksual.

Kekerasan yang dialami para korban ini diantaranya adalah kekerasan verbal, fisik, pemaksaan melihat konten pornografi, intimidasi atau ancaman untuk melakukan aktivitas seksual, dan pemerkosaan.

Dari beberapa jenis kekerasan seksual ini, angka tertingginya adalah pada kekerasan seksual verbal.

“Seperti halnya pemuda menggoda wanita di jalan dengan bersiul, ini merupakan satu langkah menuju kekerasan seksual,” kata Mariana Amirudin, Ketua Sub Komisi Partisipasi Masyarakat Komnas Perempuan kepada Kompas.com di Jakarta belum lama ini.

Ia juga menjelaskan bahwa hal ini sudah menjadi bagian budaya di Indonesia. Dengan bersiul atau menggoda, para pria sudah mengobjektifikasikan tubuh wanita tersebut.

“Hal seperti itu sudah masuk dalam pelecehan. Jika wanita berjalan sendiri bukan berarti orang boleh mengomentari atau merendahkan wanita,” tambahnya.

Para pelaku kekerasan seksual ini, terutama remaja, sudah terbiasa untuk menggoda wanita. Padahal sebenarnya menggoda wanita di jalan saja sudah termasuk ke dalam pelecehan.

Para remaja laki-laki ini sepertinya sudah dibiasakan dan tidak mendapatkan pengajaran bagaimana cara memperlakukan wanita.

"Kalau ada yang tidak nyaman, segera melaporkan," tutupnya.

sumber: sriwijaya post

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waah.. Ternyata Bersiul Masuk Kategori Pelecehan Seksual"