Selamat! Pulau Karampuang Masuk Nominasi Most Popular Hidden Paradise


 


PULAU Karampuang yang berada di Kecamatan Simboro Kepulauan, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat masuk nominasi dalam Anugrah Pesona Indonesia (API) 2016.

Dikutip dari Seputar Sulawesi.Com, Pulau Karampuang masuk nominasi untuk kategori Surga Tersembunyi Terpopuler (Most Popular Hidden Paradise) yang diselenggarakan oleh ayojalanjalan.com bekerjasama Kementrian Pariwisata RI.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Herdin Ismail mengatakan  Pulau Karampuang memiliki keunikan tersendiri, jika dilihat dari atas menyerupai bentuk buaya.

“Masuknya Karampuang sebagai nominasi tiga besar API 2016, tak lepas dari peran pemerhati budaya dan pariwisata di Sulbar,” katanya, Rabu (14/9).

Letak Pulau Karampuang ini sangat mudah dijangkau karena hanya berjarak sekitar tiga kilometer dari Kota Mamuju. Kita bisa memulainya dari dermaga Kota Mamuju yang ada di area tempat pelelangan ikan Kasawi. 

Dari dermaga ini kita bisa menyewa perahu motor yang disebut katinting untuk menuju ke Pulau Karampuang dengan waktu tempuh sekitar 20 menit. Biaya sewa perahu ini sekitar Rp 20.000.

Keunikan lain, di kawasan pulau ini juga terdapat sumur tiga rasa atau yang sering dikenal dengan nama Sumur Jodoh. Sumur ini tepatnya berada di bagian selatan dari Pulau Karampuang. 

Banyak masyarakat yang percaya bahwa sumur ini bisa mendatangkan jodoh bagi siapa saja baik perjaka ataupun gadis yang meminum air sumur ini. Untuk rasa air di sumur ini memang benar bahwa sumur ini memiliki 3 rasa yang berbeda.

Selain itu, di pulau ini juga terdapat sebuah goa yang diberi nama dengan Goa Lidah. Jika dilihat dari kejauhan, goa ini terlihat kecil dikarenakan memang goa ini memiliki mulut goa yang berukuran kecil. Namun, jika sudah memasuki goa ternyata setelah sampai di dalam goa terdapat ruangan goa yang cukup luas dan dinding goa pun juga sangat kokoh.

Pulau Karampuang memiliki keindahan bawah laut yang berupa terumbu karang dan biota laut yang mengagumkan bagi siapa saja yang melihatnya. Bahkan kawasan terumbu karang di pulau ini masih sangat alami sehingga para penyelam bisa menikmati keindahan bawah laut Pulau Karampuang.

Selain itu, di kawasan pulau ini juga terdapat sebuah dermaga kayu sepanjang 500 meter dan dibangun dari garis pantai yang menjorok ke laut. Air lautnya pun juga sangat bersih dan jernih tidak kalah dengan pemandangan bawah laut.

Sumber Teks: Seputar Sulawesi.Com 
Foto: Panoramio.Com


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Selamat! Pulau Karampuang Masuk Nominasi Most Popular Hidden Paradise"