Atasi Rambut Berminyak dengan Air Perasan Jeruk Nipis

Siapa yang tak kenal jeruk nipis? Jeruk nipis adalah salah satu anugerah Tuhan untuk hamba-Nya yang sungguh banyak manfaatnya. Jeruk nipis tidak bisa dilepaskan dengan aneka kegiatan masyrakat dalam kehidupan sehari-hari.

Jeruk Nipis (net)

Sebelum lanjut ke bahasan soal "Atasi Rambut Berminyak dengan Air Perasan Jeruk Nipis" kita berkenalan lebih jauh soal jeruk nipis dulu.

Nama ilmiah jeruk nipis adalah Citrus Aurantifolia. Sebutan lime adalah bahasa Inggris yang justru berasal dari bahasa Arab yaitu limun dan bahasa Persia yaitu limou. Di Indonesia, tepanya Jawa jeruk nipis memiliki sebutan jeruk asam, limau asam (Sunda), jeruk dhurga (Madura) hingga ada yang mengenalnya dengan sebutan jeruk bayi. Di Sulawesi Barat ada yang memberinya nama dengan sebutan lemo nipi'.

Konon, jeruk nipis berasal dari kepulauan Hindia Timur. Tanaman jeruk nipis yang tumbuh di Indonesia berasal dari Birma Utara, Cina Selatan, India sebelah utara, serta dari Malaysia yang dibawa oleh orang Belanda.

Beberapa sumber sejarah meyebutkan bahwa jeruk nipis merupakan buah asli Asia Tenggara yang dibawa ke Eropa dan India oleh pedagang Arab. Masyarakat Arab memang biasa mengkonsumsi perasan jeruk nipis untuk mengimbangi makanan berlemak dan berprotein tinggi yang biasa mereka konsumsi. Baru tahu kan? He..he..he..

Umumnya masyarakat di Indonesia para Ibu yang terbiasa mengolah ragam makanan laut, kerap memanfaatkan sari jeruk nipis untuk menghilangkan aroma amis dan membuat kesat makanan. Untuk anak-anak, jeruk nipis kerap digunakan apabila sedang mengalami sakit pernafasan. Sementara untuk para bapak, mereka biasa meminum jamu yang telah diseduh dengan perasan jeruk nipis untuk menghilangkan penat dan lelah sehingga badan pulih, segar, dan bersemangat kembali.

Tidak hanya itu, kulit buah ini juga bermanfaat membersihkan kuku, jari tangan dan kaki yang kusam.Nah ini untuk remaja dan gadis-gadis, biar tambah mulus dan makin cantik. Bahan yang dipakai adalah kulit jeruk nipis bekas perasan. Jadi sekali meyelam minum air. Sambil membuatkan Bapak segelas jamu yang telah diseduh air perasan jeruk nipis segar, kulit dan kuku tetap cantik.

Nah itulah bebarapa manfaatnya jeruk nipis yang sekalian saya bagikan di sini. Sekali baca artikel tentang "Atasi Rambut Berminyak dengan Air Perasan Jeruk Nipis" pengetahuan anda tentang manfaat jeruk nipis yang lain, juga telah bertambah banyak. Makanya baca terus blog Gepeji.Com.

Baiklah kita lanjutkan. Rambut berminyak memang sering membawa masalah, salah satunya adalah seringkali menyebabkan rambut cepat kotor. Nah bagaimana cara menggunakan jeruk nipis untuk mengatasi rambut berminyak? Berikut caranya:

Bahan:

  • Air perasan jeruk nipis dan air hangat

Cara Membuat

  • Cuci rambut dengan air perasan jeruk nipis yang telah dilarutkan dengan air hangat. 
  • Usapkan ke seluruh permukaan rambut dengan menggunakan handuk kecil.
  • Lakukan secara teratur agar rambut tidak cepat kotor dan menjadikan rambut anda lebih halus, lembut berkilau.
Gampang kan? Silahkan dicoba di rumah.(*)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Atasi Rambut Berminyak dengan Air Perasan Jeruk Nipis"