Manfaat Buah Jeruk Nipis Untuk Penyakit Tukak Lambung

Buah jeruk nipis dapat diberikan kepada penderita penyakit tukak lambung atau sakit magg?  Mengapa demikian? Bukankah jeruk nipis sangat asam? 


Baiklah, kali ini kita akan membahas tentang manfaat buah jeruk nipis untuk menyembuhkan sakit magg atau tukak lambung. Tapi sebelum itu, kita akan mengulas sedikit tentang penyaki ini.

Sakit maag (indigestion) adalah istilah yang menggambarkan nyeri yang berasal dari lambung, usus halus, atau bahkan kerongkongan akibat sejumlah kondisi. Sebutan lain sakit maag adalah dispepsia.

Sakit maag bisa disebabkan oleh banyak hal, di antaranya akibat luka terbuka yang muncul di lapisan dalam lambung (tukak lambung), infeksi bakteri helicobacter pylori, efek samping penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), dan stres.

Meskipun sebagian besar sakit maag bisa ditangani tanpa perlu berkonsultasi kepada dokter, namun pemeriksaan dokter medis tetap perlu dilakukan jika sakit maag disertai dengan sering muntah, sulit menelan dan mengalami penurunan berat badan, serta jika Anda telah menginjak berusia 55 tahun ke atas.

Jadi ingat, tetap harus konsultasi ke dokter ya sahabat pembaca. Namun untuk tindakan pertama, anda bisa memanfaatkan ramuan alami yang mudah didapatkan di sekitar tempat tinggal anda.

Kembali ke pertanyaan di atas, bukankah jeruk nipis sangat asam, mengapa bisa diberikan kepada penderita tukak lambung?

Perlu diketahui bahwa buah jeruk nipis mengadung asam sitrat yang memiliki reaksi alkalinik (basah) terhadap asam di perut. Jadi,  rasa asam yang kita cicipi tidak akan mengganggu sistem pencernaan. Justru sebaliknya, air perasan buah jeruk nipis dapat membantu sistem pencernaan dengan cara mencerna, menyerap lemak dan alkohol dengan menetralisir asam lambung dan sekresi empedu dari kantung empedu dan hati.

Senyawa flavonoid pada buah jeruk nipis yang mengandung antioksidan, antikarsinogenik, antibiotik, dan sifat detoksifikasi yang dimiliki, juga dapat meningkatkan penyembuhan alami dari tujak lambung.

Nah demikianlah penjelasan tentang manfaat buah jeruk nipis untuk menyembuhkan penyakit tukak lambung. Selamat mencoba. (*)  

*dari berbagai sumber

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Buah Jeruk Nipis Untuk Penyakit Tukak Lambung"