iklan

Wakil Presiden JK Nilai Mamuju Lebih Pas Jadi Ibu Kota Republik Idonesia

Sejalan dengan gagasan yang pernah disampaikan presiden Soekarno, Presiden Joko Widodo baru-baru ini kembali mewacanakan pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah.


Namun hal yang mengejutkan disampaikan oleh wakil presiden Muhammad Jusuf Kalla (JK) dalam menanggapi wacana pemeindahan ibu kota negara. Menurutnya, memindahkan iba kota negara ke Palangkaraya belum pas. Apalagi, jika melihat pada peletakan ibu kota di negara-negara lain di dunia, maka Palangkaraya bukanlah kota atau lokasi yang tepat.

"Kebanyakan (negara tetangga) mengambil tempat yang persis di tengah negara. Tahu tidak kota apa yang persis di tengah Indonesia? Mamuju," ujar Jusuf Kalla di Kantor Wakil Presiden, seperti yang dikuti dari TEMPO.CO, Selasa, 25 April 2017.

Mamuju yang merupakan ibu kota Sulawesi Barat danggapnya sebagai kota paling pas berada di tengah-tengan Negara Indonesia.

Kata JK, lokasi Mamuju tidak begitu jauh dari Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), maupun Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), sehingga kerap disebut sebagai jembatan kegiatan ekonomi Palu dan Makassar.

Jusuf Kalla menjelaskan, sejumlah negara tetangga memilih ibu kota di tengah negara karena dianggap strategis. Lebih jelasnya, dengan ibu kota berada di tengah negara, pemerintah lebih mudah membagi perhatian ke wilayah-wilayah lainnya alias lebih adil.

Menurutnya, selain lebih mudah untuk membagai perhatian, juga memudahkan bagi mereka yang bekerja di pemerintahan. Dengan ibu kota berada tepat di tengah negara, lanjutnya, pegawai-pegawai pemerintahan di berbagai sisi negara tak akan kesulitan untuk mencapainya.

"Seperti Myanmar. Titik tengah utara selatan mereka di Naypyidaw. Rakyatnya tak ada yang keberatan karena di tengah. Pejabat-pejabat Myanmar juga kalau pulang ya ke rumah di Yangon," sebutnya.

Selain menaruh ibu kota di tengah negara, Jusuf Kalla juga mengatakan bahwa bisa juga ibu kota di taruh di tempat yang terpencil. Namun, hal itu biasanya diterapkan oleh negara-negara federasi seperti Australia yang ber-ibu kota di Canberra atau Amerika Serikat dengan Washington DC-nya.

Jusuf Kalla menegaskan bahwa dirinya hanya memberikan pandangan soal lokasi ibu kota negara. Lagipula, kata JK, pemindahan ibu kota negara baru sekedar wacana atau studi sehingga belum tentu terealisasi. Ia mengingatkan, memindahkan ibu kota bukan perkara gampang.

"Saya belum tahu bagaimana nanti studi (pemindahan ibu kota) oleh Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional. Banyak aspek yang perlu dipikirkan," terangnya.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Wakil Presiden JK Nilai Mamuju Lebih Pas Jadi Ibu Kota Republik Idonesia"

Unknown mengatakan...


Hi there i am kavin, its my first time to commenting anywhere, when i read this piece of writing i thought i could also make comment due to this brilliant paragraph. facebook sign in