Kadar Kolesterol Tinggi Turun Dengan Air Rebusan Daun Salam

Salam adalah tumbuhan berbentuk pohon. Pohon salam mempunyai batang bulat dengan permukaan licin, bertajuk rimbun dan berakar tunggang. Nama latin pohon salam adalah Syzygiumpolyanthum (Wight) atau sinonimnya adalah Eugenia polyantha. 

Selain sebagai penyedap masakan, daun salam juga bisa dijadikan obat herbal. Dalam buku "101 Keajaiban & Kasiat Dedaunan" yang ditulis oleh Anis Ramadhani disebutkan, salah satu khasiat daun salam adalah untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi.

ilustrasi 

Tahukah anda tentang kolesterol tinggi? Dr. Eko Wahyu Agustin atau populer dengan nama Dr. Zefha Stefani dalam salah satu bukunya menyebutkan, kelestrol adalah merupakan suatu bahan-bahan lemak yang terjadi secara alamiah dalam tubuh manusia. Dikatakan, kolestrol dalam tubuh manusia membentuk dinding pada bagian dalam sel, dan juga pada setiap jaringan yang dibutuhkan manusia untuk pembentukan hormon yang penting.

Jika kadar kolseterol dalam tubuh seseorang meningkat, maka kolesterol tersebut akan menumpuk di dinding arteri atau pembuluh darah, keadaan ini disebut artherosklerosis. Penumpukan kolesterol di dinding pembuluh darah ini dapat menyebabkan terhambatnya aliran darah sehingga dapat menyebabkan serangan jantung dan perdarahan otak pada penderita.

Penyebab kolesterol tinggi ini adalah jenis makanan yang banyak mengandung lemak jenuh dan lemak hewani seperti pada mentega dan telur. Makanan yang banyak mengndung lemak jenuh ini dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, kolesterol juga bisa disebabkan kurangnya mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.

Mencegah kolesterol dapat dilakukan dengan diet rendah lemak dan pola makan yang seimbang. Makanan yang mengandung lemak hewani diganti dengan minyak sayur. Memperbanyak makanan yang dikukus, ditim dan direbus dibandingkan dengan makanan yang digoreng. Bagi perokok, segeralah berhenti merokok. Jaga berat badan agar tetap ideal sesuai dengan usia serta lakukan olahraga secara teratur.
 
Nah jika anda sudah terlanjur memiliki kadar kolesterol tinggi, maka untuk menurukannya anda dapat memanfaatkan daun salam. Berikut ini saya bagikan caranya yang saya kutip dari buku "101 Keajaiban & Kasiat Dedaunan" karya Anis Ramadhani:

  • Siapkan daun salam yang masih segar 10-15 lembar.
  • Cuci sampai bersih
  • Rebus dalam 3 gelas air sampai airnya berkurang menjadi satu gelas.
  • Biarkan sampai dingin
  • Saring dan ambil airnya
  • Minum ramuan tersebut sekaligus dan lakukan setiap hari

Itulah cara membuat ramuan herbal daun salam untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Semoga bermanfaat.(*)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kadar Kolesterol Tinggi Turun Dengan Air Rebusan Daun Salam"