Ini Sejarah Awal Peringatan Hari Perempuan Internasional

Hari ini tanggal 8 Maret 2017 Hari Perempuan Internasional atau dalam bahasa Inggris disebut International Women's Day kembali diperingati. Tulisan singkat atau hanya sekedar ucapan selamat Hari Perempuan Internasional pun tak ketinggalan menghiasi postingan di media sosial.

ilustrasi
Bagi sebagian orang, Peringatan hari Perempuan Internasional sudah bukan hal yang asing, tapi bagi yang baru mengenal media sosial dan baru tersadar dengan informasi tersebut terutama karena bahasan atau hanya sekedar ucapan selamat Hari Perempuan Internasional tersebut wara-wiri di jagad dunia maya, maka tentu hal itu masih merupakan satu hal yang baru karena mungkin selama ini paling hanya hapal dan ingat peringatan hari-hari besar nasional.    

Lalu dari mana asal-usul dan bagaimana sejarah munculnya peringatan Hari Perempuan Internasional? Dikutip dari Wikipedia, hari Perempuan Internasional pertama kali dirayakan pada tanggal 28 Februari 1909 di New York dan diselenggarakan oleh Partai Sosialis Amerika Serikat.

Sebuah cerita yang beredar di lingkaran internal para kolomnis Perancis, bahwa ada seorang perempuan dari buruh pabrik tekstil melakukan demonstrasi pada 8 Maret 1857 di New York. Demonstrasi tersebut dilakukan dengan tujuan untuk melawan penindasan dan gaji buruh yang rendah, tetapi demonstrasi tersebut dibubarkan secara paksa oleh pihak kepolisian.

Pada tanggal 8 Maret 1907, Hari Perempuan Internasional diresmikan sebagai peringatan terhadap kasus yang terjadi 50 tahun sebelumnya. Demonstrasi pada tanggal 8 Maret 1917 yang dilakukan oleh para perempuan di Petrograd memicu terjadinya Revolusi Rusia. Hari Perempuan Internasional secara resmi dijadikan sebagai hari libur nasional di Soviet Rusia pada tahun 1917, dan dirayakan secara luas di negara sosialis maupun komunis.

Pada tahun 1977, Hari Perempuan Internasional diresmikan sebagai perayaan tahunan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk memperjuangkan hak perempuan dan mewujudkan perdamaian dunia.

Temma Kaplan berpendapat, peristiwa tersebut tidak pernah terjadi, tetapi banyak orang Eropa yang percaya bahwa tanggal 8 Maret 1907 merupakan awal dari terbentuknya Hari Perempuan Internasional.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Sejarah Awal Peringatan Hari Perempuan Internasional"