Wow... Jadi Penghias Teras Rumah, Bunga Ayu Ting Ting Makin Digemari Ibu-ibu



Ini tentang ayu ting ting yang bukan artis dangdut itu, tapi adalah sejenis bunga. Entah siapa yang pertama kali menyebut bunga ini di wilayah Sulbar dan Sulsel khususnya, dengan nama Bunga Ayu Ting Ting. Tetapi yang pasti popularitas "Bunga Ayu Ting Ting" di kalangan penggemar bunga diam-diam terus menjalar.


Dari mulut ke mulut, nama Ayu Ting Ting terus disebut acap kali membicarakan jenis tanaman hias yang memiliki bunga dengan banyak warna; putih, merah, merah muda, kuning, ungu dan atau campuran warna-warna itu.


Entah apakah artis Ayu Rosmalina atau Ayu Ting Ting tahu atau tidak kalau nama populernya digunakan untuk menyebut satu jenis bunga. Saya bahkan pernah iseng mengetik di pencarian google nama bunga ayu ting ting, tetapi yang muncul tidak ada gambar bunga seperti yang disebut para penggemar bunga ini. Yang muncul melulu tentang artis Ayu Ting Ting dan fotonya dengan bunga di tangan.

Saya juga pernah didebat seorang ibu-ibu ketika saya menyebut nama bunga itu sebagai jenis bunga tapak dara. Ia ngotot meyebut bunga itu sebgai bunga ayu ting ting. Katanya bunga itu bunga baru yang memang namanya ayu ting ting.

Lalu apa hubungannya dengan Artis Ayu Ting Ting? Entah lah, saya pikir mungkin hanya dihubung-hubungkan karena bunga ini cantik atau ada orang yang iseng memperkenalkan bunga itu dengan nama ayu ting ting.


Tetapi setahu saya, sekalipun sedikit ada perbedaan fisik, bunga dengan ciri-ciri yang dimiliki bunga ayu ting ting ini, identik dengan bunga tapak dara yang banyak tumbuh liar di belakang rumah sepupu saya di pinggir pantai.

Di pematang tambak juga sering saya lihat bahkan banyak tumbuh di semak-semak tak jauh dari perkampungan atau di areal di mana pernah di situ berdiri rumah. Jadi kesimpulan saya, bunga tapak dara ini memang senngaja ditanam lalu tumbuh liar dan menyesuikan diri dengan lingkungannya.

Tentang bunga ayu tinting sendiri, saya berkesimpulan bahwa bunga ini masih kelompok bunga tapak dara tapi berbeda varietas, ibarat kambing dengan domba barangkali.. He..he..he..



Tetntang bunga tapak dara, saya kutip dari wikipedia, bunga tapak dara termasuk tanaman perdu tahunan yang berasal dari Madagaskar, dan telah menyebar ke berbagai daerah tropika lainnya.

Nama ilmiahnya adalah Catharanthus roseus (L.) Don. Di Indonesia tumbuhan hias pekarangan ini dikenal dengan bermacam-macam nama, seperti di disebut sindapor (Sulawesi), kembang tembaga (bahasa Sunda), dan kembang tapak dårå (bahasa Jawa).

Orang Malaysia mengenalnya pula sebagai kemunting cina, pokok rumput jalang, pokok kembang sari cina, atau pokok ros pantai. Di Filipina ia dikenal sebagai tsitsirika, di Vietnam sebagai hoa hai dang, di Cina dikenal sebagai chang chun hua, di Inggris sebagai rose periwinkle, dan di Belanda sebagai soldaten bloem.


Bunga tapak dara ternyata juga memiliki khasiat, bunga dan daunnya berpotensi menjadi sumber obat untuk leukemia dan penyakit Hodgkin. Kandungan bahan kimianya adalah vincristine, vinblastine, reserpine, ajmalicine, dan serpentine. Kandungan lainnya adalah catharanthine, leurosine, norharman, lochnerine, tetrahydroalstonine, vindoline, vindolinine, akuammine, vincamine, vinleurosin, dan vinrosidin.

Namun hati-hati dalam menggunakannya sebab berbagai alkaloid yang dikandung tanaman ini beracun. Tanda-tanda keracunan tapak dara adalah demam, loyo, dan muntah-muntah dalam tempo 24 jam. Tanda-tanda yang lain adalah neuropati, kehilangan refleks tendon, berhalusinasi, koma, dan kematian.

Inilah tentang bunga ayu ting ting, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: