iklan

Lagu Ini Dipercaya Bisa Mendatangkan Mahluk Ghaib, Benarkah?



Sahabat pembaca, kali ini saya akan ketengahkan kepada anda tentang sebuah lagu Jawa yang dipercaya bisa mendatangkan mahluk gaib sejenis kuntilanan njika lagu tersebut dinyanyikan. Cerita ini saya kutip dari akun fecebok fakta-fakta misteri.
Disebutkan bahwa di Indonesi lagu ini terkenal dikarenakan mitos yang yang saya sebutkan diatas. Dahulu, bagi mereka yang mendengarkan dan menyanyikan lagu ini, maka akan berhenti ketika berada pada bait:
Lingsir wengi sliramu tumeking sirno…
Ojo tangi nggonmu guling…
Awas jo ngetoro…
Aku lagi bang wingo wingo…
Jin setan kang tak utusi…
Dadyo sebarang…
Wojo lelayu sebet…
(Menjelang malam, dirimu akan lenyap…
Jangan bangun dari tempat tidurmu…
Awas jangan menampakkan diri…
Aku sedang dalam kemarahan besar…
Jin dan setan yang kuperintah…
Menjadi perantara…
Untuk mencabut nyawamu…)
Letak misterinya adalah mereka yang menyanyikan lagu ini dan sampai pada bait di atas, maka seperti yang saya sebutkan di atas akan dijumpai oleh sosok makhluk yang menakutkan dengan nama yaitu Kuntilanak.
Ada beberapa kisah dari lagu lingsir wengi ini, mereka yang menyanyikan mengaku berjumpa dengan makhluk yang menakutkan tersebut, maka lagu ini pun langsung terkenal di Indonesia dengan ciri khas lagu yang menakutkan.
Lalu, apakah benar lagu lingsir wengi ini memang dapat mendatangkan Setan berupa kuntilanak ketika saat dinyanyikan?
Beberapa sumber menyatakan bahwa Lagu Lingsir Wengi diciptakan oleh Sunan Kalijaga. Ia adalah salah satu tokoh ulama terkenal, yaitu wali diantara wali sembilan yang terkenal di pulau jawa karena mengajarkan kebaikan dengan mengenalkan dan mengajarkan agama Islam di tanah jawa.
Salah satu metode Sunan Kalijaga dalam mengajarkan agama adalah dengan lagu dan menerapkan lagu tersebut dalam acara wayang atau perwayangan. Hal tersebut disebabkan kegemaran dari masyarakat sekitar yang sangat mencintai kesenian wayang kulit. Cara tersebut digunakan Sunan Kalijaga untuk menyampaikan ajaran agama Islam di Indonesia khususnya di pulau jawa saat itu.
Rahasia di Balik Lagu Lingsir Wengi

Lahirnya Lagu Lingsir Wengi melahirkan beberapa persepsi baik yang positif maupun negatif. Positifnya lagu ini adalah sebuah syair-syair sebagai perenungan dalam hidup. Ketabahan dalam menghadapi cobaan baik dari manusia maupun dari jin atau setan. Lagu ini juga bermakna sebagai doa untuk menolak bencana dan lagu ini juga bertujuan untuk mengingatkan manusia agar mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga terhindar dari bencana dan berbagai masalah.
Lalu bagaimana bisa lagu ini diasumsikan sebagai lagu pemanggil setan? Jika ditelusuri secara mendalam kemungkinan lagu ini menjadi lagu yang misteri yaitu dari lirik lagu dan nadanya yang begitu seram ketika kita mendengarnya, terlebih jika lagu ini kita dengarkan dan nyanyikan pada malam hari, maka rasa takut itu akan selalu datang seiring mitos yang berkembang mengenai lagu ini.


Wallahu A’lam

Subscribe to receive free email updates: