Hebat... KK-PUS Tarakan Rutin Gelar Silaturrahmi Bulanan



Dalam rangka menjalin silaturrahim, warga perantau dari daerah Pitu Ulunna Salu (PUS) Kabupaten Mamasa Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) yang tinggal di Kota Tarakan setiap bulan rutin menggelar pertemuan. Para perantau asal daerah pegunungan Sulbar ini tergabung dalam Kerukunan Keluarga Pitu Ulunna Salu (KKPUS) Kota Tarakan.

Pada Minggu (16/8) malam, KKPUS Kota Tarakan yang saat ini ketuanya dijabat Mulyono Karim, kembali menggelar pertemuan di rumah salah seorang anggota kerukunan.

Nurwahida warga Kota Tarakan asal PUS yang kuliah di Universitas Negeri Malang Jawa Timur via BBM kepada Kareba1.Com mengatakan, biasanya tempat pertemuan warga KKPUS Kota Tarakan digilir ke setiap rumah anggota kerukunan.

Suriah, perantau asal Kecamatan Aralle yang telah puluhan tahun tinggal di Kota Tarakan mengatakan, pertemuan KKPUS yang digelar kali ini adalah agenda rutin bulanan yang kali ini baru bisa terlaksana setelah libur selama Ramadhan.

“Alhamdulillah terlaksana juga pertemuan keluarga setelah Ramadhan,” kata Suriah.

Rumia, perantau yang lain mengatakan, pertemuan bulanan ini digelar untuk menjalin silaturrahim antara sesama perantau khususnya yang berasal dari daerah pegunungan PUS.

“Selain diisi pengajian, juga ada arisan ibu-ibu. Intinya adalah silaturrahim sesama warga PUS satu kali sebulan,” kata Rumia.

Menurut salah satu pendapat, daerah PUS atau Pitu Ulunna Salu yang artinya tujuh hulu sungai, di masa lalu jauh sebelum masuknya pemerintahan imperialisme Belanda, merupakan kesatuan dari tujuh wilayah pemerintahan adat di daerah hulu sungai wilayah pegunungan Provinsi Sulawesi Barat sekarang.

Daerah tersebut saat ini meliputi wilayah kecamatan Tabulahan, Bambang, Mambi, Aralle, Rantebulahan, Matangga dan Tabang serta wilayah-wilayah kecamatan pemekaran lain di sekitarnya yang saat ini masuk dalam wilayah Kabupaten Mamasa kecuali Kecamatan Matangnga yang masuk dalam wilayah administrasi pemerintahan Kabupaten Polewali Mandar.

Subscribe to receive free email updates: