Nikmatnya Gesekan Dalam Perbedaan

BEDA adalah hal yang harus ada, lumrah dan alamiah. Perbedaan adalah tuntutan kehidupan. Karena perberbedaan, ada saling membutuhkan dan saling melengkapi. Dengan perbedaan kehidupan tetap bisa berjalan di atas permukaan bumi.
Sesuatu yang tercipta di seluruh alam ini banyak berbeda dan tidak mungkin persis sama. Yang ada bahkan selalu harus berbeda, bertolak belakang dan berpasangan.
Ada bumi ada langit dengan planet dan bintang-bintang. Ada malam ada siang dengan matahari yang bersinar terang. Dan ada laki-laki ada perempuan yang sering saling merindukan.
Dan dalam perbedaan itu, sangat sering muncul gesekan. Gesekan itu juga lumrah, sangat alamiah bahkan justru sering dinikmati dan sangat diingini namun harus tetap berada pada garis saling menghormati.
Perbedaan dan gesekan juga merupakan awal dari lahirnya sesuatu yang baru. Sesuatu yang baru itu, bisa hal yang baik dan menyenangkan, juga bisa hal yang buruk dan merugikan jika tidak mematuhi batas-batas yang telah ditentukan.
Karena itu perbedaan dan gesekan yang sering dengan kekerasan misalanya berdebat dengan suara-suara keras, harus tetap ditempatkan sesuai jalurnya yang lumrah dan alamiah serta dijauhkan dari adanya unsur terpaksa.
Ibarat mesin kendaraan, roda kehidupan hanya akan terus berjalan dalam bagian-bagian yang berbeda jika saling bergesekan. Tetapi gesekan itu harus dengan minyak pelumas berupa kasih sayang, saling menerima dan ada saling pengertian.
Di tengah perbedaan yang kemudian sering saling bergesekan namun tetap dalam lumuran kasih sayang, saling menerima dan saling pengertian, hidup manusia justru akan menjadi penuh gairah bahkan merasakan nikmat yang luar biasa.
Dan contoh yang sangat nyata betapa penting adanya perbedaan itu adalah adanya diri kita di dunia. Kita lahir dan dan dapat melanjutkan kehidupan karena kerjasama yang baik dari perbedaan ibu dan bapak, yaitu laki-laki dan perempuan.
Khusus saat ini, di tengah hiruk-pikuk yang seolah sedang memecah keheningan perbedaan yang sedang kita nikmati dalam damai, menjelang pelaksanaan pilkada serentak di Indonesia, kesadaran akan pentingnya perbedaan termasuk pada beda pilihan, harus kita perkuat kembali. Sebab beda pilihan tidak mungkin kita hindari. Justru karena ada perbedaan, ada pemilihan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nikmatnya Gesekan Dalam Perbedaan"