Pengungsi Gempa Bumi Mamasa Dikabarkan Tiba di Mamuju

KALUKKU-Sedikitnya 60 orang pengungsi korban gempa bumi Mamasa malam ini dikabarkan tiba di Kabupaten Mamuju.


Salah seorang warga Kabupaten Mamuju Elisabeth Mangngoi yang tinggal di Kecamatan Kalukku dalam postingan di akun facebooknya mengatakan, pengungsi dari Kabupaten Mamasa tersebut tiba sejak kemarin hingga Sabtu (10/11) malam ini di Desa Guliling Kecamatam Kalukku.

"Kepada teman-teman yang punya kontak dan relasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Mamuju mohon diteruskan postingan ini agar mereka bisa mendapat bantuan," tulis Elisabeth.

Informasi yang sama juga disampaikan oleh aktivis LSM dan penggiat sosial Rusnani. Melalui sambungan telepon kepada media ini, Sabtu, (10/11), Rusnany mengatakan, dirinya mendapat laporan, sebanyak 30 kepala keluarga pengungsi korban gempa bumi dari Mamasa sudah tiba di Desa Pokkang Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju.

"Katanya mereka saat ini menumpang di rumah keluarga masing-masing," kata Rusnani mengutip laporan yang ia terima.

Memastikan imformasi tersebut, media ini menuju Desa Pokkang Sabtu (10/11) malam. Tiba di Pokkang jarum jam menunjuk pukul 21.47. Suasana mulai sepi, beberapa warga yang berhasil ditemui membenarkan adanya sejumlah warga pengungsi dari Mamasa yang tiba sejak dua hari lalu sampai sore hari ini.

"Tadi sore ada yang sempat saya lihat akan bikin tenda di lapangan. Tapi karena hujan mereka mungkin pindah ke rumah keluarganya. Ini mobil baru saja tiba jemput mereka dari Malaqbo lewat Mambi," kata salah seorang warga sambil menunjuk mobil yang parkir di jalan depan rumahnya. Namun warga tersebut tidak mengetahui kemana para pegungsi itu saat ini.

Sambo Karaeng D, warga Pokkang lainnya mengatakan, tidak mengetahui pasti berapa jumlah pengungsi yang masuk di Pokkang. Namun ia mengatakan di rumahnya sendiri ada satu keluarga dari Mamasa yang tiba dua hari lalu.

"Ini, mereka semua ini pengungsi. Di rumah sebelah juga ada. Di Guliling mungkin ada juga. Saya tidak tahu pasti. Sementara ini memang belum ada pendataan," katanya sambil menunjuk sejumlah anak remaja yang berkumpul di halaman sebuah rumah.

Ia mengatakan, para pengungsi dari Mamasa yang ia kenal, berasal dari Mambulilling, Taupe, dan Lambanan.

"Tapi saya tidak tahu semua. Ada juga dari kampung lain. Memang diharapkan ada pendataan dari pemerintah supaya mereka kalau bisa diberi bantuan," harap Sambo. (Gufran)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengungsi Gempa Bumi Mamasa Dikabarkan Tiba di Mamuju"