Tukak Lambung, Penyebab dan Perawatannya

Tukak Lambung adalah istilah untuk keadaan erosi pada dindinding lambung (gastric) atau usus halus (doudenal) atau ujung bawah kerongkongan (esophagus).

Tukak atau luka bisa dianggap sederhana karena hanya menyerang lapisan saja. Tetapi bisa juga berlubang yang lukanya menembus jaringan dinding lambung atau usus sehingga isi lambung atau usus masuk ke dalam rongga perut dan ini akan menimbulkan keadaan gawat.

Penyebab Tukak Lambung bisa karena sering minum banyak alkohol, penggunaan obat-obatan, merokok, pola makan yang salah misalnya terburu-buru dan tidak teratur, serta pilihan makanan yang tidak baik seperti pedas dan mengandung kafein. Bekerja terlalu berat dan kurang istirahat sehingga keadaan tubuh menurun juga bisa menyebabkan tukak lambung.

Adapun gejalanya adalah, adanya rasa sakit panas menusuk yang datang secara berkala di bagian atas perut. Meningkatnya asam lambung, adanya darah hitam pada kotoran, mual dan muntah-muntah.

Untuk upaya penyembuhan, penderita Tukak Lambung perlu mengelola dan mengatur khusus pola makan dengan diet lunak tiga kali sehari, makan harus santai dan hindari makan makanan ringan pada waktu mau tidur malam.

Hindari minuman beralkohol, kopi, minuman ringan, cokelat, dan teh. Hindari bumbu-bumbu pedas dan merangsang, minumlah air jernih diantara waktu makan, hindari susu dan krim dan hindari sari buah yang asam sebelum makan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tukak Lambung, Penyebab dan Perawatannya"