LPMD-UMI Beri Pelatihan IT Kepada Guru di MTs DDI Basseang

POLEWALI|GEPEJI-Universitas Muslim Indonesia (UMI) melalui Lembaga Pengabdian Masyarakat dan Dakwah (LPMD-UMI) melakukan kegiatan pelatihan pemanfaatan teknologi informasi kepada guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) DDI Basseang di Desa Duangpanua Kecamatan Anreapi Kabupaten Polewali Mandar, Senin, (12/8/2019).


Tim pelaksana kegiatan dari UMI tersebut dipimpin Dr. Hj. Maryam Ismail, MA dan anggota, Dr. Bisri Abdul Karim, Lc.MA, dibantu dua mahasiswa yang mahir dalam penggunaan IT.

Materi pelatihan adalah pemanfaatan IT dalam pembelajaran, persentasi IT dalam proses pembelajaran, praktikum, internet, pembuatan powerpoint dan pembuatan akun.

Dalam pelasanaan kegiatan ini, penyelenggara lebih mengutamakan Praktikum internet dan pembuatan powerpoint serta pengoprasian komputer berdasarkan masalah yang dipertanyakan peserta.

Ketua Tim kegiatan Dr. Hj. Maryam Ismail, MA, mengatakan, Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk program Pengabdian Kepada Masyarakat dan Da'wah (PKMD) UMI. Dan untuk kegiatan kali ini, sasarannya adalah guru Mts DDI Basseang di Polewali Mandar.
Menurut Maryam, di tengah perubahan yang sangat cepat saat ini, guru harus terus belajar, sebab menghadapi anak didik di era digital dan golobal saat ini, seorang guru dituntut berwawasan luas dan mampu menerapkan pembelajaran dengan menggunakan IT.

"Jika tidak mampu menyesuaikan diri karena tidak memiliki kemampuan menggunakan IT, maka materi pendidikan agama Islam yang diajarkan tidak akan menarik bagi generasi milineal." sebutnya.

Sementara itu, sejumlah peserta kegiatan pelatihan yang merupakan guru-guru MTs DDI Basseang mengaku sangat berterima kasih kepada tim pelaksana kegiatan dari UMI tersebut.

"Kita sadar kedepan daya saing akan semakin berat. Siswa yang berkualitas diharapkan akan lahir dari guru yang berkualitas pula," kata salah seorang peserta.

Para peserta kegiatan ini juga berharap pengabdian masyarakat dari UMI bisa berlanjut untuk memberi pencerahan dan motivasi terutama bagi guru-guru dalam meningkatkan pengetahuan dan kreatifitas. (gufran)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "LPMD-UMI Beri Pelatihan IT Kepada Guru di MTs DDI Basseang"