Sinergitas dan Taat Asas Kunci Menggapai Pilkada Berkualitas

PERNAH menjadi komisioner KPU Kabupaten Polewali Mandar selama satu periode dan sekarang komisioner di KPU Provinsi Sulawesi Barat telah menjadikan Ir. Rehang Mas'ud, M.Si banyak paham tentang seluk beluk kepemiluan, baik Pemilihan Umum (Pemilu) maupun Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dengan segala dinamikanya.

Rehang Mas'ud saat melakukan Pencocokan dan Penelitian data Pemilih di Kabupaten Mamasa baru-baru ini

Ditemui di ruang kerjanya baru-baru ini, perempuan yang menyelesaikan pendidikan S1 nya di fakultas Perikanan Universitas Hasanuddin ini mengatakan, untuk menghasilkan Pilkada yang berkualitas maka yang perlu digarisbawahi seorang penyelenggara adalah bagaimana menjalankan tugas dan tanggungjawab sesuai dengan peraturan Perundang-Undangan dan regulasi yang ada serta harus mampu membangun sinergitas dengan semua stakeholders.

"Jika semua itu dapat dijalankan dengan baik, maka akan tercipta hasil Pemilu atau Pilkada yang berkualitas. Dalam artian Pemilu atau Pilkada dapat berjalan lancar, aman, damai, dan yang terpenting adalah legalitas hasil Pemilu dan Pilkada dapat dipertanggungjawabkan," katanya.

Pengalaman yang ada kata alumni pasca sarjana Universitas Islam Makassar ini, seorang penyelenggara yang tidak memiliki pemahaman dalam menjalankan aturan atau pun juga tidak memiliki integritas dan independensi yang tinggi dan kuat, rawan melalukan hal-hal yang menyimpang dari aturan-aturan yang berlaku.

Akibatnya lanjut Rehang, proses yang telah tercederai akan berdampak pada hasil yang tidak terlegitimasi bahkan bisa menimbulkan konflik sehingga keadaan menjadi tidak kondusif.

"Hal-hal seperti inilah yang perlu dihindari sejak awal," ujarnya.

Untuk itu lanjut Rehang, prinsip yang harus terus dipegang oleh seorang penyelenggara Pemilu adalah mandiri, jujur, adil, kepastian hukum, tertib, kepentingan umum, keterbukaan, proporsionalitas, profesionalitas, akuntabilitas, efisiensi, efektifitas, dan aksesibilitas.

"Prinsip inilah yang menjadi pedoman seorang penyelenggara Pemilu dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya," jelasnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sinergitas dan Taat Asas Kunci Menggapai Pilkada Berkualitas"