iklan

Akbar Faisal Sebut Parepare Darurat Narkoba


PAREPARE -Jumlah kasus narkoba di Kota Parepare yang terus meningkat dan terungkap masuk melalui pelabuhan menarik perhatian anggota komisi III DPR-RI Akbar Faizal. Jum"at (03/11/2017) Akbar Faisal turun langsung mengamati aktifitas bongkar muat di pelabuhan didampingi Kapolres Parepare.

Kapal KM Queen Soya dari Nunukan Kalimantan yang bersandar dipelabuhan Parepare tak lepas dari pemeriksaan polisi. Satu persatu penumpang dan barang yang turun diperksa menggunakan anjing pelacak, namun dalam pemeriksaan itu tak ditemukan narkoba.

"Saya memantau langsung pelabuhan ini, untuk melihat suasana dan aktifitas bongkar muat disini. Karena sesuai dengan laporan pak Kapolres, rata-rata narkoba masuk melalui jalur laut. Nah itu yang saya identifikasi,"kata Akbar Faizal.

Dalam kunjungan AF, Sapaan Akbar Faizal selain mengidentifikasi pelabuhan juga menyempatkan berdialog dengan buruh pelabuhan. AF Mengajak para buruh bertindak bersama memerangi narkoba.

"Narkoba itu sangat berbahaya dan merusak. Jadi saya harap buruh di pelabuhan ini bertindak bersama membantu petugas perangi narkoba, jangan dibiarkan narkoba itu masuk di Parepare," tegas Akbar Faizal kepada buruh pelabuhan.

Melihat tingginya kasus narkoba, Akbar Faizal menyebut Parepare sudah layak masuk dalam status Darurat Narkoba.

"Ini sudah sangat mengkhawatirkan. Saya nyatakan Parepare darurat narkoba. Harus ada langkah ekstrim untuk menghentikan ini semua agar generasi muda Sulsel selamat dari sergapan narkoba," ungkap AF.

Menurutnya, tambahan fasilitas khusus untuk pemberantasan narkoba di pintu masuk Parepare ini sebenarnya lumayan baik. Namun fasilitas speedboat dan anjing pelacak K9, berikut mobil untuk K9 ini ternyata tidak cukup untuk menjaga pintu masuk ini.

Sebenarnya Akbar Faizal telah membicarakan ancaman narkoba melalui pintu masuk Parepare ini dengan Kepala BNN Komjen Pol Budi Waseso. Budi Waseso sendiri telah berjanji untuk memberikan perhatian lebih kepada Polres Parepare yang telah berjibaku menahan ekspansi jaringan narkoba ini.

"Saya akan bicarakan lebih detil dengan Pak Buwas dan Kapolda Sulsel soal ini," kata Akbar Faizal yang turut didampingi Wakil Walikota Parepare, Andi Faizal Sapada.

Berdasarkan data sejak Mei 2016 hingga 2017 atau dalam satu tahun 4 bulan ini
Polres Parepare berhasil mengamankan narkoba sebanyak 50 Kg. Pengungkapan ini jauh lebih banyak dari sebelumnya, periode yang sama 14 Kg.

Selain jenis Sabu Polres Parepare juga mengamankan 143 gram ganja dan 3 gram ganja jenis Gorilla. Total berhasil dibongkar jaringan narkoba ini 80 kasus dengan 157 tersangka hanya dalam waktu setahun terakhir. Termasuk didalamnya tiga orang aparat kepolisian. Salah seorang diantaranya telah divonis 19 tahun penjara. (JNN)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Akbar Faisal Sebut Parepare Darurat Narkoba"