Perjalanan Tahapan Pilgub Sulbar Sejauh Ini



Pemilihan Gubernur di 7 (Tujuh) Provinsi dan 94 (Sembilan Puluh Empat) Kabupaten dan Kota di seluruh Indonesia termasuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Barat Tahun 2017 telah melalui tahapan Pendaftaran Bakal Pasangan Calon yang dilaksanakan tanggal 21 sampai dengan tanggal 23 September 2016. Tahapan ini disertai dengan beberapa sub tahapan termasuk Penetapan Pasangan Calon pada tanggal 24 Oktober 2016 serta Pengundian dan Pengumuman Nomor Urut Pasangan Calon yang dilaksanakan pada tanggal 25 Oktober 2016.

Pendaftaran Bakal Pasangan Calon merupakan satu tahapan krusial karena jika Bakal Pasangan Calon tidak memenuhi syarat, maka tentunya tidak akan ditetapkan menjadi Pasangan Calon. Pendaftaran Bakal Pasangan Calon di Sulawesi Barat diikuti oleh 3 (Tiga) Pasangan, dan ketiga-tiganya dinyatakan memenuhi syarat untuk ditetapkan menjadi Pasangan Calon yakni Pasangan Calon DR.H.SUHARDI DUKA, MM - KALMA KATTA, S.Sos.,MM; MAYJEN TNI (PURN) SALIM S.MENGGA - H. HASANUDDIN MASHUD, S.Hut; dan Drs.H.ALI BAAL MASDAR, MM - HJ.ENNY ANGGRAENY ANWAR.

Pada sub tahapan Pengundian Nomor Urut Pasangan Calon Pasangan Calon DR.H.SUHARDI DUKA, MM - KALMA KATTA, S.Sos.,MM memperoleh Nomor Urut 1; Pasangan Calon MAYJEN TNI (PURN) SALIM S.MENGGA - H. HASANUDDIN MASHUD, S.Hut memperoleh Nomor Urut 2; dan Pasangan Calon Drs.H.ALI BAAL MASDAR, MM - HJ.ENNY ANGGRAENY ANWAR memperoleh Nomor Urut 3.

Selang 3 (Tiga) hari usai Pengundian Nomor Urut yaitu tanggal 28 Oktober 2016 adalah merupakan hari pertama memasuki tahapan Kampanye hingga tanggal 11 Februari 2017. Pada momentum hari pertama Kampanye ini, KPU Sulbar menggelar Deklarasi Kampanye Damai yang dihadiri oleh tiga Pasangan Calon,Tim Kampanye, Para Pendukung, dan seluruh stakeholder yang ada di Sulawesi Barat serta warga masyarakat yang dilaksanakan di ruang terbuka Anjungan Pantai Manakarra Mamuju.

Penempatan di ruang terbuka ini dimaksudkan agar seluruh masyarakat Sulawesi Barat dapat mengetahui dengan jelas bahwa tahapan Kampanye telah dimulai, dan juga mereka dapat melihat lebih dekat calon pemimpin mereka, karena pada kesempatan itu pula masing-masing calon diminta untuk memberikan apresiasinya terhadap kegiatan yang sedang berlangsung.

Deklarasi Kampanye Damai tersebut dimaknai sebagai pengucapan janji dari Calon Gubernur dan Wakil Gubernur terhadap masyarakat Sulawesi Barat dengan semangat persatuan dan persaudaraan.

Ada 3 (Tiga) poin penting yang tertuang dalam Teks Deklarasi Kampanye Damai yakni : 1. Siap menciptakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Barat Tahun 2017 yang berintegritas dan damai. 2. Mewujudkan kemajuan daerah dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Dan 3. Tunduk dan patuh terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sebagai warga masyarakat, kita berharap agar Kampanye yang dilaksanakan oleh Tim Pasangan Calon dapat berjalan sebagaimana mestinya dengan mengedepankan ketertiban sehingga tetap aman dan terkendali. Untuk pelaksanaan Kampanye, KPU Sulbar telah menyusun Jadwal yang telah disepakati oleh masing-masing Pasangan Calon melaui Tim Penghubungnya.

Sebagai gambaran umum, Zona Kampanye dibagi ke dalam 3 (Tiga) Zona yaitu : Zona 1 (Satu) meliputi Kabupaten Mamasa dan Kabupaten Polewali Mandar; Zona 2 (Dua) meliputi Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamuju; dan Zona 3 meliputi Kabupaten Mamuju Tengah dan Kabupaten Mamuju Utara.




Untuk Mengetahui Zona Kampanye Selengkapnya Baca Disini: Ini Jadwal Lengkap Kampanye Tiga Pasangan Calon di Pilgub Sulbar 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perjalanan Tahapan Pilgub Sulbar Sejauh Ini "