Untuk yang Akan Lebaran di Kampung, Ini Tips Mudik Sehat dan Aman dengan Kendaraan Sendiri


Ilustrasi (net)

Idul Fitri atau lebaran tinggal menghitung hari. Anjuran Nabi Muhammad SAW, hendaknya di hari-hari terakhir Ramadhan waktu diisi dengan memperbanyak zikir dan ibadah sunnah lainnya dengan menjalankan i'tikaf di masjid.

Namun umum di kalangan kaum muslimin khususnya di Indonesia, hari-hari terakhir Ramadhan justru banyak disibukkan dengan persiapan menghadapi hari raya idul fitri termasuk persiapan mudik ke kampung halaman untuk berhari raya bersama sanak saudara.

Agar perjalanan mudik anda terhindar dari dari hal-hal yang tentu saja tidak diinginkan, berikut saya bagikan beberapa tips mudik yang sehat dan aman.
Pertama, persiapkan diri anda baik secara fisik maupun psikologis. Sebaiknya tidak berangkat setelah pulang kerja, karena selain badan capek, psikologi anda juga lelah.

Kedua, periksa kesehatan anda terlebih dahulu, terutama jika anda memiliki riwayat sakit tertentu. Jangan lupa membawa obat-obatan sesuai kebutuhan.

Ketiga, siapkan makanan dan minuman terutama untuk anak-anak di bawah lima tahun. Sebaiknya tidak membeli makanan sembarangan di pinggir jalan.

Keempat, siapkan peta mudik dan pastikan peta dan informasi jalur mudik anda terbaharui. Gunakan alat bantu petunjuk arah, missal kompas atau GPS, jika diperlukan.

Kelima, siapkan alat komunikasi seperti handphone dalam kondisi online untuk memudahkan dalam melakukan panggilan jika diperlukan. Jangan lupa membawa charger mobil.

Keenam, jika memerlukan pertolongan medis, gunakan posko-posko kesehatan yang disiapkan oleh pemerintah di sepanjang jalur mudik.

Ketujuh, jangan mengemudi dalam keadaan lelah atau mengantuk. Istirahatlah secara periodik untuk mengatasi lelah dan mengantuk. Ingat keluarga menunggu di rumah.

Kedelapan, jika stamina tubuh terasa berkurang, jangan memaksakan diri dengan meminum obat atau minuman yang dapat menambah tenaga tubuh sesaat.

Kesembilan, periksa kondisi kendaraan dan pastikan kondisinya prima, mulai dari tekanan ban, oli, saringan udara, aki dan kelistrikan. Bawa sikring (fuse) cadangan bila diperlukan.

Kesepuluh, setelah tiba ditempat tujuan, pastikan anda beristirahat yang cukup sebelum melakukan silaturahmi berkeliling rumah untuk menemui sanak saudara.

Selamat mudik dan Insya Allah anda mudik dengan selamat!

Subscribe to receive free email updates: