Ini Jawaban Mengapa Anda Perlu Membaca



Hasil survei UNESCO (United Nations Educational, Scientific And Cultural Organizatio) tahun 2011 menyatakan bahwa minat membaca masyarakat indonesia hanya 0,0001, yang berarti dari seribu orang hanya 1 orang yang memiliki minat membaca. Ini menandakan bahwa minat membaca masyarakat kita masih sangat rendah.

Ini berbanding lurus dengan semakin banyaknya masyarakt kita yang menghabiskan waktu di depan tv dan asyik berinteraksi di sosial media. Minat membaca yang kurang sangat dipengaruhi oleh banyak faktor. Mulai dari budaya yang diterapkan oleh masyarakat, orangtua, sekolah, dan alasan individu sendiri.

Selain faktor eksternal kemauan seseorang untuk membaca sangat dipengaruhi oleh alasan personal. Ini lebih pada kebutuhan masing-masing individu. Ada yang membaca karena mendapat kesenangan dari membaca seperti novel, ada untuk menunjang pendidikannya dan untuk membantu seseorang mencapai sukses.

Berikut ini adalah alasan dan manfaat yang bisa Anda dapatkan dari membaca buku:


1. Belajar Untuk Mengetahui

Setiap orang butuh untuk belajar. Belajar bukanlah hanya di sekolah, tapi di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Kita tidak bisa hanya mengandalkan ilmu dan pengetahuan yang kita dapatkan dari pendidikan formal baik di sekolah ataupun universitas. Tapi kita juga harus belajar aspek dan bidang yang berbeda, yang kita bisa dapatkan dari buku.

Buku adalah media yang paling mudah yang kita bisa dapatkan. Akan sangat banyak ilmu dan pengetahuan yang bisa kita dapatkan dengan biaya yang sangat murah daripada kita harus belajar di universitas. Kita bisa belajar berbagai genre buku yang kita butuhkan untuk membantu kita mengatasi masalah yang ada.

Salah satu tujuan dari belajar adalah untuk mengetahui kebenaran satu informasi. Ini mengarahkan seseorang dalam memberikan penilaian terhadap sesuatu hal. Apakah memang benar adanya atau salah pemberian makna dari apa yang kita lihat. Kesalahan dalam menilai yang membuat banyak orang panik dan takut akan apa yang mereka lihat.

Contohnya saja, banyak orang beranggapan bahwa hipnotis itu sangat berbahaya. Ia bisa mempermainkan pikiran kita dan membuat kita melakukan apa saja yang si hipnotis perintahkan. Bahkan ada yang percaya bahwa itu adalah permainan dari dunia kegelapan atau yang berkaitan dengan supranatural.

Orang yang mau belajar dan mencari kebenarannya akan memberikan penilaian yang berbeda dengan masyarakat pada umunya. Di mana yang lain merasa itu berbahaya tapi mereka yang tahu kebenarannya akan memberi makna yang berbeda, bahwa hipnosis (hipnotis adalah orangnya) itu adalah kerja dari pikiran yang terjadi secara ilmiah.

Tidak ada kaitanya dengan pengendalian pikiran apalagi dengan praktek supranatural. Bahkah hipnosis tersebut sangat bermanfaat untuk membantu seseorang berubah dengan lebih cepat. Jadi mereka tidak akan terjebak pada pandangan yang salah yang membuat mereka menutup diri akan manfaat besar yang bisa mereka dapatkan untuk diri mereka sendiri.

2. Meraih Mimpi

Ada sangat banyak orang yang mulai tersadarkan akan kebenaran akan diri mereka. Bagaimana tidak, orang dengan kondisi fisik yang kurang mendukung dan latar belakang yang tidak memiliki hidup yang menyenangkan pasti tidak akan berani bermimpi besar.

Dengan membaca buku, mereka bisa melihat orang yang sama seperti mereka, yang juga bisa meraih hidup yang sangat fantastis. Ini tentu menjadi motivasi tersendiri untuk mereka dalam menjali hidup. Terutama mensyukuri hidup dan perjuangan yang akan mereka lakukan dalam mencapai impian mereka.

Banyak kisah sukses yang ditulis di buku membantu seseoran untuk menatap hidup yang lebih cerah. Tidak jarang dari mereka menceritakan kisah hidup yang lebih pilu, kesusahan tetapi menunjukkan niat, tekat dan perjuangan yang besar untuk meraih impian besar mereka. Dan jelas, ini menginspirasi banyak orang. Mungkin Anda juga salah satunya hehehehe

3. Bertumbuh

Keuntungan lain dari kita membaca buku adalah kita bisa mengembangkan diri sesuai kebutuhan kita. Kita bisa mengoptimalkan diri dengan cara yang lebih mudah daripada tidak membaca buku sama sekali. Ini justru satu keuntungan yang sangat besar untuk kita yang berada jauh dari kota besar seperti Jakarta misalnya.

Mengapa? Buku akan sangat menghemat biaya yang besar untuk belajar dari seorang pakar di bidang tertentu. Kita bisa belajar langsung tanpa harus bertemu dengan penulis. Kita mengandalkan buku yang ia tulis dengan menerapkan metode atau cara-cara yang ia sarankan untuk mengembangkan diri atau bisnis kita. Bahkan tidak jarang dengan pakar dan praktisi yang bertaraf internasional. Jelas bukan, membaca memberikan Anda banyak kemudahan.

4. Meningkatkan Penghasilan

Ini banyak terjadi bagi para praktisi di dunia bisnis dan pekerja kantoran. Banyak buku yang bisa memberikan Anda cara untuk membantu meningkatkan profit dan produktivitas kerja. Terbukti dengan semakin banyaknya buku bisnis dan produktivitas kerja yang banyak dijual di toko buku, bahkan buku best internasional pun diterjemahkan. Agar bisa dinikmati oleh orang yang memiliki hambatan dalam berbahasa inggris.

Ini sangat membantu banyak para pengusaha untuk mengembangkan usahanya dengan cara yang benar dan mengurangi resiko dari kesalahan. Ini juga membantu seseorang pekerja untuk mencapai jenjang karier yang lebih tinggi dengan menerapkan buku yang mereka baca.

Bahkan ketika saya berkunjung ke rumah dosen saya yang notabene adalah manager di satu perusahaan asing, yang sangat banyak mengoleksi buku yang menunjang pekerjaan dan kariernya. Bahkan banyak bukunya yang berbahasa inggris. Hasilnya, dia bisa bertahan menjadi manager selama 30 tahun tanpa pernah digantikan oleh orang lain.

5. Solusi Atas Masalah yang Dihadapi

Ke mana Anda akan mencari solusi dari masalah yang Anda hadapi? Apakah di pekerjaan, hubungan dengan teman, pasangan dan diri Anda sendiri? Bertanya langsung kepada orang lain, mencari di prof google sampai Anda harus membeli dan membaca buku.

Dengan bertanya saja ke prof google sudah kita dituntut untuk membaca buku bukan? Itupun kalau kita menemukan solusi dari masalah dengan gamblang, jika tidak? Pasti Anda akan mencari buku yang bisa membantu Anda.

Buku menawarkan banyak solusi praktis akan masalah yang dihadapi oleh kebanyakan orang. Sekarang tinggal niat Anda, apakah Anda mau menyelesaikan masalah Anda dari metode yang ada di buku atau tidak.

6. Merilekskan Pikiran

Memberi makan pada tubuh memang sangat penting dan sering kita lakukan. Tapi pikiran kita juga perlu diberi makan agar tetap sehat dan bekerja optimal. Kerja otak akan semakin lemah ketika ia tidak pernah di beri makan.

Caranya adalah dengan membaca buku yang sesuai dengan kebutuhan dan hobi Anda. Ini akan membuat Anda semakin lebih produktif dan otak pun nantinya bisa terbebas dari penyakit yang berkaitan dengan masalah otak seperti penyakit alzheimer di masa tua.

Inilah manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki kebiasaan membaca. Apakah Anda sudah siap untuk membaca? Sudah berapa banyak buku yang Anda baca sebulan ini? 

Sumber: Baca Kilat

Subscribe to receive free email updates: