iklan

Bawaslu - Ombudsman Sepakat Jalin Kerjasama

MAMUJU,GEPEJI.COM–Jajaran Komisioner Bawaslu Provinsi Sulawesi Barat, didampingi Kepala Sekretariat melakukan kunjungan kerja ke kantor Ombudsman RI Perwakilan Sulbar, Jumat (29/09/17)
Ketua Bawaslu Sulbar Sulfan Sulo, mengatakan kunjungan ini adalah bagian dari  silaturahmi kelembagaan, sekaligus langkah awal dalam rangka menjalin sinergi dengan Ombudsman RI Sulbar dalam pengawasan, utamanya dalam hal pengawasan administrasi, koordinasi dengan ombudsman.

”Alasannya kemudian atas kerjasama tersebut,  karena  kedua lembaga ini  mempunyai kesamaan yang mendasar yaitu melakukan pengawasan,” kata Sulfan.

Hal senada juga diutarakan Anggota Bawaslu Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran, Ansharullah. Ia mengatakan, bawaslu tidak akan maksimal melakukan pengawasan tanpa melibatkan lembaga terkait seperti Ombudsman dan masyarakat itu sendiri dalam mengawal Pilkada maupun Pilpres.

Ditempat yang sama Supriadi Narno, Anggota Bawaslu Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga mengurai jika sebenarnya tugas Bawaslu sangatlah berat karena selain mengawasi setiap tahapan Pemilihan, dan melakukan pencegahan di setiap sektor yang dianggap rawan terhadap potensi kecurangan, bawaslu juga harus cermat dalam mengelola administrasi, sebab ada lembaga lain yang juga mengawasi Bawaslu pada sisi administrasi, yakni Ombudsman,” jelasnya.

Menanggapi  respon para Komisioner Bawaslu yang akan menggandeng Ombudsman RI Sulbar melakukan pengawasan terhadap kemungkinan adanya mal administrasi dan pengawasan dilapangan terkait ASN yang berhubungan dengan Pemilihan, Kepala perwakilan Ombudsman RI Sulbar, Lukman langsung menyatakan apresiasinya kepada Sulfan Sulo, Ansharullah, dan Supriadi Narno yang menggawangi Bawaslu Sulbar.

“Kami sangat mengapresiasi upayaka teman-teman dari Bawaslu Sulbar dan kami dari Ombudsman siap menjalin sinergi dalam rangka mendorong terwujudnya pengawasan pilkada, pilpres yang b berkualitas dan bebas maladmnistrasi,” tutup Lukman Umar.

Sumber: rilis humas Ombudsman

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bawaslu - Ombudsman Sepakat Jalin Kerjasama"