iklan

Bikin Perkebunan, Tuai Pujian

Perkebunan hijau di Makodim Jakarta Barat dinilai menjadi terobosan dan mampu menciptakan imej baru bagi Makodim-Makodim lainnya yang ada di wilayah Perkotaan.


Berbagai terobosan yang dilakukan jajaran Kodim 0503/JB, khususnya dalam hal menggalakkan program penghijaun lewat keberadaaan kebun hijau aquaponik dan hidroponik yang terintegrasi dalam program unggulan Kodim 0503/JB Lorong Hijau, terus menuai pujian dari bebagai pihak, tak terkecuali dari jajaran pimpinan di tingkat Kodam Jaya serta pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PD Kodam Jaya.

Hal itu dibuktikan dengan kunjungan rombongan Persit Kartika Chandra Kirana PD Kodam Jaya, yang dipimpin langsung Ketuanya Ibu Munik Jaswandi, ke perkebunan hijau aquaponik dan hidroponik yang dikelola para anggota Kodim 0503/JB, Rabu (20/9).

“Ketua Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PD Kodam Jaya Ibu Munik Jaswandi mengakui, keberadaan perkebunan hijau di Kodim Jakbar menjadi terobosan dan menciptakan imej baru bagi Kodim-Kodim lainnya yang ada di wilayah Perkotaan,” ungkap Ketua Persit Kartika Candra Kirana Cabang XVII Kodim 0503/JB Ifit Qalita Yudhayana, usai mendampingi rombongan Persit Kartika Chandra Kirana PD Kodam Jaya, melakukan kunjungan.

Ditambahkannya, Pembuatan perkebunan hijau dengan metode aquponik dan hidroponik ini memang menjadi pilihan, khususnya di tengah kota yang sudah sempit lahan, seperti di Kota Jakarta “Dengan metode ini, artinya baik anggota maupun masyakarat umum, bisa menanam tanaman serta sayur-sayuran di pelataran dan samping rumah mereka yang luas lahannya terbatas,” ujar Nyonya Wahyu Yudhayana.

“Cukup menggunakan botol-botol bekas air mineral sebagai wadah yang diisi sekam. Setelah itu diberi bibit dan syukurnya segala macam bibit tanaman bisa dipakai secara hidroponik dan aquaponik. Lewat metode ini,  yang ditanam adalah jenis sayuran selada, bayam, kangkung, dan sejenisnya,” imbuhnya.

Untuk menunjang program ini, para prajurit Kodim 0503/JB juga mengembangkan  Ramuan Organik Hama (Roma), Ramuan Organik tanaman (Rotan), dan Ramuan Organik Ternak (Roter). Pembuatan ramuan organik inipun terbilang sederhana, begitupun dengan bahan bakunya, yang terdiri dari cabe, sereh, sirih, dan bawang putih.

“Ramuan organik ini bisa dipakai untuk perawatan semua jenis tanaman, yang kebetulan ada di perkebunan hijau Kodim 0503/JB. Jadi, kita sudah siapkan semuanya dalam satu paket,” kata Ifit sambil tersenyum.

Sarana Belajar Masyarakat 

Sementara itu, selain dari jajaraan pimpinan TNI AD, keberadaan perekbunan hijau aquaponik dan hidroponik di Makodim Jakbar pun menjadi perhatian anggota masyarakat lainnya. Bahkan ada beberapa orang yang sengaja datang untuk belajar mengelola perkebunan hijau sederhana tersebut.

"Menurut anggota, setiap hari ada saja warga masyarakat yang datang untuk melihat dan juga belajar. Mulai dari rombongan pelajar hingga warga sekitar,” terang Ifit.

Sementara itu, Dandim Jakarta Barat Letkol Inf Wahyu Yudhayana menambahkan, seluruh prajurit TNI memang harus ikut berpartisipasi dalam mengembangkan perkebunan serta pertanian, yang sejalan dengan perintah Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

"Ini kan kota, lahan pertanian kan sempit. Jadi, metode tanam dengan sistem aquaponik dan hidroponik sangat cocok. Karenanya sudah saya perintahkan kepada setiap Koramil yang ada di jajaran Kodim Jakbar, untuk membuat perkebunan hijau di lingkungan masing-masing dan juga lorong hijau," jelas Wahyu.

Wahyu berharap lewat perkebunan hijau swadaya yang dikelola para anggota, anggotanya bisa membantu masyarakat bercocok tanam. Minimal, mereka bisa menghemat pengeluaran sayuran.

"Ya, bayangkan saja, sekali panen kemarin bisa menghasilkan 30 kilo sayur," imbuh Wahyu sambil tersenyum bangga. (Badar)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bikin Perkebunan, Tuai Pujian"