JOIN Sulbar Siap Perangi Berita Hoax


Wahyuni: Itu Salah Satu Fungsi Kami


MAMUJU--Ketua Organisasi Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Sulawesi Barat Wahyuni Nur mengatakan, salah satu fungsi JOIN adalah memerangi berita hoax.

Hal tersebut dikatakan Yuni usai menggelar pertemuan dengan para pengurus JOIN di ruang publik kantor DPRD Sulbar di Mamuju Rabu (9/8/2017).

"Selain tentunya mengawal jalannya pembangunan, salah satu fungsi JOIN adalah memerangi berita hoax," kata Wahyuni.

Untuk diketahui, sebagai salah satu organisasi jurnalis, JOIN telah secara resmi dideklarasikan di Jakarta pada 18 Juli 2017 lalu. Saat ini, JOIN telah membentuk kepengurusan di tingkat provinsi dan kabupaten seluruh Indonesia termasuk di Sulawesi Barat.

Terkait hadirnya JOIN di Sulbar, Wahyuni mengatakan, JOIN sebagai salah satu organisasi wartawan khususnya media online diharapakan menjadi tempat bernaung bagi para jurnalis khususnya yang tergabung dalam anggota JOIN.

Kata Yuni, saat ini keanggotaan JOIN Sulbar telah mencapai 43 orang, belum termasuk struktur keanggotaan 6 Kabupaten yang ada.

Lebih lanjut Yuni mengatakan fungsi JOIN sebagai Induk Organisasi Jurnalis Online secara tegas menyatakan penolakan tindak kekerasan terhadap wartawan yang kerap terjadi.

"JOIN beserta Jajarannya mulai dari tingkat Pusat sampai daerah akan bersama-sama membela para jurnalis yang melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai salah satu bagian dari 4 Pilar kebangsaan," katanya.

 Ia juga mengatakan, JOIN Sulbar kedepannya akan melaksanakan program kegiatan yang telah dicanangkan bersama pengurus inti.

Ia menambahkan, saat ini pengurus JOIN dari 6 Kabupaten di Sulbar masih dalam penyusunan struktur. Adapun kabupaten yang telah menyelesaikan struktur keanggotaannya kata dia adalah Mamuju Utara,  Mamuju Tengah dan Mamuju.

"Mamasa, Polman , Majene masih dalam proses dan dalam waktu dekat akan memasukkan data anggota," katanya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "JOIN Sulbar Siap Perangi Berita Hoax "