Jelang Pilgub 2017, KPU Sulbar Segera Laksanakan Pemutakhiran Data Pemilih


Rehang Mas'ud/Komisioner KPU Sulbar Divisi Tekhnis


KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) saat ini sudah siap melaksanakan kegiatan pemutakhiran data pemilih dalam rangka pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulbar Tahun 2017 mendatang.

Dikutip dari Metro Sulbar.Com, Komisioner KPU Sulbar divisi tekhnis Rehang Mas'ud mengatakan, kegiatan pemutahiran data pemilih tersebut akan dimulai dengan membentuk perangkat yang akan melakukan kegiatan dimaksud. Perangkat tersebut adalah Petugas Pemutakhiran Data Pemilih atau PPDP.

"Pembentukan badan ad-hoc ini berlangsung kurang lebih 30 hari yakni mulai dari tanggal 6 Agustus sampai dengan 5 September 2016. Jumlah PPDP yang akan direkrut sebanyak 2.759 orang," kata Rehang Mas'ud, Rabu (10/08).

Setelah pembentukan PPDP ditetapkan, selanjutnya kata Rehang, para anggota PPDP tersebut akan diberikan bimbingan teknis agar dapat bekerja sesuai dengan prosedur yang ada.

"Perlu diketahui bersama bahwa petugas PPDP akan bekerja melakukan pencocokan dan penelitian yang dikenal dengan istilah coklit yaitu mendata penduduk dengan cara mendatangi tempat kediaman penduduk yang akan dilaksanakan mulai dari tanggal 8 September sampai dengan 7 Oktober 2016. Untuk Pilgub tahun 2017 ini ada tambahan 5 Desa yaitu 2 di Kabuapten Mamuju dan 3 di Kabupaten Mamasa, sehingga jumlah desa yang ada saat ini adalah 648," katanya.

Menurut Rehangn sediktinya ada dua kegiatan utama yang akan dilakukan oleh PPDP, yang pertama yaitu memasukkan pemilih yang telah memenuhi syarat ke dalam daftar pemilih. Kedua mengeluarkan pemilih yang ada di dalam daftar pemilih pada Pemilu atau Pemilihan sebelumnya yang sudah tidak memenuhi syarat lagi.

"Sebagai penyelenggara kami berharap kepada semua pihak, baik pemerintah dan seluruh jajarannya, maupun kepada seluruh warga masyarakat Sulawesi Barat untuk memberikan layanan kepada petugas pendata sebagaimana mestinya agar mereka dapat bekerja maksimal," ujar Rehang.

Hal yang penting untuk diketahui bersama tambah Rehang adalah bahwa data pemilih akan sangat menentukan kualitas pemilukada. Sebab menurutnya data pemilih ini adalah salah satu elemen yang sangat penting dalam pelaksanaan Pemilihan Gubernur Sulawesi Barat Tahun 2017.

Sumber: Metro Sulbar.Com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jelang Pilgub 2017, KPU Sulbar Segera Laksanakan Pemutakhiran Data Pemilih"